Ini 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Peringati Hari Bumi di Masa Pandemi, Simak Ulasannya!

Admin
0

pexels.com

Contempedia - Hari ini, bertepatan pada Rabu 22 April 2020, merupakan perayaan Hari Bumi yang ke 50. Hari bumi dirayakan secara global. Penetapan Hari Bumi dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Geylord Nelson pada tahun 1970. Ia merupakan seorang pengajar lingkungan hidup.

Pencanangan Hari Bumi dilakukan guna meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet Bumi. Agar manusia sebagai penghuni dapat melakukan kegiatan dan tindakan yang dapat melestarikan bumi dan menjaga bumi dari kerusakan.

Hari Bumi tercetus dari pidato Geylord Nelson. Pada saat itu ia menyampaikan sebuah pidato di Negara Bagian Seattle tahun 1969 yang membahas isu-isu lingkungan hidup, dimana saat itu memang belum ada perhatian lebih baik dari masyarakat dan juga pemerintah. Kemudian gerakan mengenai isu lingkungan semakin menyebar setahun kemudian setelah pidato tersebut. Kemudian ditetapkanlah Hari Bumi sejak 22 April 1970.

Dikutip dari duniaku.idntimes penetapan 22 April sebagai Hari Bumi juga disebabkan karena pada tanggal tersebut bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) dan musim gugur di belahan bumi selatan.

Dua hal tersebut merupakan faktor penetapan tanggal Hari Bumi yang kemudian diperingati setiap tahunnya secara international. Hari bumi mengingatkan kita untuk terus menjaga bumi dan pentingnya tindakan tersebut serta menjaga ekosistem agar kehidupan makhluk hidup tetap lestari.

Peringatan Hari Bumi pada tahun 2020 ini, di musin pandemi Covid-19 tetap dilaksanakan. Dilansir dari liputan6.com tahun ini, International Earth Day dirayakan melalui aplikasi virtual.

Kita bisa mengakses situs EarthDay.org, seperti yang dikutip dari The Verge and EarthDay.org. Melalui perayaan ini, beberapa figur terkenal dari dunia politik dan aktivis turut berpartisipasi antara lain Pope Francis, Steve Ballmer, Sen. Elizabeth Warren dan Dave Matthews.

Dengan mengakses situs tersebut kita bisa mendengarkan diskusi seputar lingkungan saat ini. Contohnya, pada perayaan International Earth Day tahun 2019, diskusi panel membahas sampah plastik yang ada di Bumi, seperti yang dikutip dari Independent.

Tak hanya diskusi panel, International Earth Day 2020 juga akan menghadirkan sepuluh film animasi pendek oleh animator profesional, mahasiswa dan anak-anak yang akan dikuratori oleh Marilyn Zornado, seperti yang dikutip oleh The Verge.

Tak hanya itu  akan ada World Earth Day Sculpture Challenge. Jupiter Artland and the Centre for Interaction Design di Edinburgh Napier University mengadakan tantangan bagi anak-anak muda  untuk mengikuti lomba desain membuat sculpture yang nantinya akan dipajang di koleksi Jupiter di Edinburg.


pexels.com


Dalam memperingati hari bumi kali ini kita juga bisa melakukan hal yang sederhana, meskipun di masa pandemi covid-19. Kegiatan melestarikan bumi bisa kita lakukan setiap hari, mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Banyak hal yang bisa kita lakukan setiap harinya guna menjaga bumi dari kerusakan.

Ada beberapa hal bisa kita lakukan dalam menjaga bumi di masa covid-19. Kegiatan sederhana yang bisa dilakukan oleh siapapun. Dirangkum dari sehatq.com mari kita ulas apa saja hal sederhana yang bisa kita lakukan.

1. Menanam satu tanaman di rumah

Pohon berguna untuk memberikan oksigen dan udara bersih untuk manusia. Pohon juga merupakan sumber makanan serta dapat memerangi perubahan iklim.  Dengan menanam sebuah pohon kita telah ikut andil menjaga bumi.


2. Perbanyak makan sayur agar emisi karbon berkurang
Ada hal yang perlu kita ketahui, jika peternakan lebih luas dibandingkan perkebunan itu artinya lahan hutan alami akan berkurang sejalan meluasnya peternakan. Selain itu proses beternak, mulai dari memelihara hewan, pengolahannya hingga siap dipasarkan dapat menyumbangkan karbon dioksida yang lebih banyak ke udara sehingga emisi karbon yang merusak lingkungan pun bisa meningkat.

Sehingga disaat kita mengubah pola makan dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan buah-buahan merupakan salah satu cara melindungi bumi. Kita bisa memilainya dengan mengurangi sedikit demi sedikit jumlah daging yang kita masak dan konsumsi.


3. Kurangi penggunaan plastik


Sampah plastik tidak mudah terurai. Sampah plastik tidak bisa hancur dengan sendirinya dalam jangka waktu yang lama, ratusan bahkan ribuan tahun. Ketika sampah plastik tidak didaur ulang maka ia akan menumpuk menjadi sampah di tempat sampah dan juga dapat mengotori laut di kemudian hari dan ini tentu akan mengancam kehidupan hewan di laut. Mengurangi penggunakan plastik kita telah melakukan hal besar untuk kelestarian bumi.


4. Batasi penggunaan air

Membatasi penggunaan air juga baik untuk menjaga cadangan air bersih dan mengurangi aliran air kotor ke laut. Kita dapat memulainya dengan membatasi penggunaan air bersih dengan cara penghematan. Semisal, menyalakan keran air saat mandi saja dan hanya menyalakannya saat digunakan saja. Juga gunakan air tidak berlebihan.


5. Hemat listrik

Penghematan listrik juga dapat menjaga bumi dari kerusakan. Selain mengurangi biaya pengeluaran, dengan mengurangi penggunaan energi listrik maka asap beracun yang dihasilkan oleh tempat pengolahan energi listrik juga bisa berkurang.

Asap serta cara pengolahan energi listrik secara keseluruhan dapat merusak lingkungan dan sumber daya alam di sekitarnya. Dengan demikian untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi, kita bisa memulai dengan mencabut kabel listrik yang tidak digunakan dan mematikan lampu di siang hari.

Di saat pandemi covid-19 ini, polusi udara juga terjadi pengurangan. Tersebab berkurangnya jumlah kendaraan yang beroperasi. Terlihat ada perubahan yang terjadi pada bumi dengan berkurangnya polusi udara. 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)